Tuesday , August 22 2017
Home / Expresi Kame / Jaga Bhineka Tunggal Ika di Bangka Belitung
Jaga Bhineka Tunggal Ika di Bangka Belitung

Jaga Bhineka Tunggal Ika di Bangka Belitung

Kronologis tindak kekerasan Ambil Paksa Lilin untuk Ahok oleh Anggota Front Jaga Babel

11 Mei 2017 pukul 19.30 wib

Malam sekitar Pkl 19.00wib John Ganesha bersama Krisna aryo telah berada di alun alun taman merdeka dgn tujuan meliput aksi 1000lilin untuk ahok atas dasar informasi yg tersebar melalui media sosial.

hampir 30menit tidak terlihat adanya tanda aksi 1000 lilin utk ahok dimulai hanya terlihat warga dengan baju hitam (dress code) yg diduga calon peserta aksi mulai berdatangan.

sekitar pukul 19.30 terlihat ada sejumlah warga berjalan dari arah polresta pkp ke lapangan merdek. Kami yg berada dipodium alun alun mendengar informasi bahwa acara aksi 1000lilin dibatalkan namun tidak tahu lebih rincinya.

sekitar pukul 19.45 krn tidak ada kejelasan aksi dimulai, john ganesha dan krisna berencana pulang. Sebelum pulang john ganesha menghidupkan lilin yg sdh dibawa dari rumah di podium alun alun. hanya selang beberapa detik john ganesha didatangi orang berpakaian sipil yg mengaku dari polresta pangkalpinang dan meminta agar lilin dimatikan.

John Ganesha sempat mempertanyakan kepada aparat mengapa ia tidak boleh menyalakan lilin. Pada saat itu didepan petugas tersebut salah seorang mengambil paksa lilin yg menyala dari tangan john ganesha dan satu orang lagi dengan nada keras dan kasar memaki john ganesha. Kemudian Ibu dan anak yg diduga calon peserta aksi 1000lilin utk ahok terlihat diancam oleh kelompok tersebut utk tidak menghidupkan lilin.

Dari kostum yg digunakan kami mengetahui kelompok tersebut adalah front jaga babel yg disingkat FJB. Dua kali john ganesha bertanya pada kelompok tersebut mengapa tidak boleh menghidupkan lilin justru dijawab dengan nada keras dan kasar. bahkan john ganesha mencoba mengajak orang tersebut utk meminta maaf justru kembali di maki dengan kata kasar.

sekitar 15menit kemudian, seseorang dari kawanan tersebut yg diduga senior mendatangi john ganesha mencoba berdialog dengan john ganesha namun tetap saja 2 orang anggota FJB itu terus mengumpat. Senior FJB mengakui kepada john ganesha bahwa ia agak kewalahan dengan temperamen 2anggota nya tersebut. Namun John Ganesha tetap mempertanyakan mengapa pola pola kekerasan dan intimidasi digunakan oleh anggotanya.

Setelah 30menit tidak jg ada tanda tanda aksi 1000lilin utk ahok dimulai. John Ganesha dan krisna sepakat utk pulang.

Dicatat oleh John Ganesha

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Pesan Gubernur Erzaldi di HUT RI ke 72 untuk Masyarakat Bangka Belitung

Pesan Gubernur Erzaldi di HUT RI ke 72 untuk Masyarakat Bangka Belitung

Pesan Gubernur Erzaldi di HUT RI ke 72 untuk Masyarakat Bangka Belitung ini sangatlah ditunggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *