Thursday , December 14 2017
Home / Expresi Kame / Paralegal Setara dengan Penegak Hukum

Paralegal Setara dengan Penegak Hukum

Mungkin banyak yang belum mengenal berkas surat pengeledahan yang digunakan oleh Aparat Penegak Hukum sehingga kegiatan mereka dibenarkan oleh Hukum. Melalui acara Pelatihan Paralegal Bantuan Hukum Pedesaan dan Kelurahan PDKPBABEL berkas acara pidana ini dibeberkan kepada peserta pelatihan.

Narasumber Poltak Agustin Siregar,SH dalam materi pengenalan tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana yang biasanya disingkat dengan KUHAP menyatakan bahwa dengan adanya UU Bantuan Hukum No.16 Tahun 2011, paralegal yang direkruit dari organisasi terakreditasi oleh Kementerian Hukum dapat meminta penegak hukum untuk menghormati hak setiap orang untuk diperiksa dengan benar menurut KUHAP.

“Jangan ragu lagi bahwa sejak adanya UU Bantuan Hukum Paralegal setara dengan penegak hukum, sehingga ketika ada kegiatan penggeledahan paralegal bisa meminta petugas penegak hukum yang akan melakukan penggeledahan untuk menunjukkan dahulu tangannya, kosong atau tidak” Jelas Poltak Agustin Siregar,SH

Sebab menurut Poltak Agustin Siregar,SH , paralegal diharapkan mampu berbicara dengan Aparat Penegak Hukum untuk memastikan bahwa acara penggeledahan tersebut akan dilakukan dengan cara yang benar. Kemudian Fasilitator Sessi Hukum Acara Pidana, John Ganesha melanjutkan materi dengan cara bedah kasus Pidana dan cara paralegal menerbitkan administrasi laporan pengaduan dari masyarakat tersebut kedalam bentuk formulir yang sesuai dengan standard PDKPBABEL.

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Argumentasikan KUHAP Hingga Ke Pelosok Bangka Belitung

Argumentasikan KUHAP Hingga Ke Pelosok Bangka Belitung

“Argumentasikan KUHAP Hingga Ke Pelosok Bangka Belitung” Dengan terakreditasinya PDKP Bangka Belitung sebagai Organisasi Pemberi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *