Tuesday , October 17 2017
Home / Expresi Kame / Naskah Cerita Bujang Katak Bangka Belitung
Naskah Cerita Bujang Katak Bangka Belitung
Naskah Cerita Bujang Katak Bangka Belitung

Naskah Cerita Bujang Katak Bangka Belitung

Naskah Cerita Bujang Katak Bangka Belitung : Di salah satu tempat terpencil di pulau Bangka tinggallah seorang perempuan tua yang hidup sendiri dan belum menikah yang bernama Mak Dayang. Ia hidup di sebuah gubuk tua di dekat hutan. Mak dayang setiap pagi mencuci di sungai dan berkebun untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari.

Pada suatu hari, Mak Dayang berdo’a agar dikaruniakan anak meskipun tidak bersuami. Akhirnya, dengan penuh kepasrahan Mak Dayang pun kembali berdo’a agar diberikan anak meskipun seperti katak. Akhirnya, Tuhan Yang Maha Kuasa, mengabulkan do’a Mak Dayang dan dapatlah ia seorang anak yang menyerupai katak dan diberikanlah nama “Bujang Katak”.

Bujang katak pun tumbuh semakin dewasa. Tibalah saatnya ia ingin menikah. Namun, alangkah terkejutnya Mak Dayang karena Bujang Katak ingin menikah dengan salah satu dari tujuh orang putri raja. Akhirnya, dengan memberanikan diri Mak Dayang pun melamar putrid raja untuk dinikahkan dengan bujang katak.

Enam orang putrid raja tidak ingin menikah dengan Bujang Katak hanya Putri Bungsu yang bersedia menikah dengan Bujang Katak dengan syarat ia harus membuat jembatan emas yang menghubungkan rumah Bujang Katak dengan istana raja paling lama 7 hari. Bujang katak pun senang meskipun syarat yang di berikan hamper tidak masuk akal untuk di penuhi.

Bujang Katak melakukan semedi dan berdo’a atas izin Yang Maha Kuasa, pada hari keenam maka mengelupaslah kulit Bujang Katak dan kulit-kulitnya berubah menjadi emas. Sedangkian Bujang Katak sendiri menjadi pemuda yang gagah dan tampan. Dengan kulit-kulit yang mengelupas itulah akhirnya Bujang Katak membuat jembatan emas yang menghubungkan rumahnya dengan istana raja. Dengan berhasilnya Bujang katak membuat jembatan emas itu, maka ia pun menikah dengan Putri Bungsu Raja. Keenam kakak Putri Bungsu merasa iri dan kecewa karena Bujang Katak telah menjelma menjadi pemuda tampan dan gagah. Bujang katak, Puteri Bungsu dan Mak Dayang pun hidup bahagia di istana.

Video Berikut ini dimainkan oleh SELASIH (KPBA, BANGKA TENGAH) dengan pemeran MEDYA FEBRIANDI sebagai BUJANG KATAK SEKALIGUS NARATOR,  KAMSUL sebagai MANG DUL DAN DATOK RAJE dan KURNIA NUNINGSIH sebagai EMAK BUJANG KATAK dan PUTRI RAJE

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Isi 5 Tas Calon Walikota Pangkalpinang 2018

Isi 5 Tas Calon Walikota Pangkalpinang 2018

“Apasih Isi 5 Tas Calon Walikota Pangkalpinang 2018 menurut DPC Partai PPP Pangkalpinang” Berbeda dengan …