Tuesday , January 23 2018
Home / Expresi Kame / PDKPBABEL Bentuk Paralegal Desa dan Kelurahan

PDKPBABEL Bentuk Paralegal Desa dan Kelurahan

Setelah 4 Hari Pelatihan, sejumlah 12 orang dari desa dan kelurahan yang ada di Bangka Belitung resmi dilantik oleh Perkumpulan PDKPBABEL sebagai Paralegal terdaftar untuk menjadi Pemberi Bantuan Hukum Pedesaan dan Kelurahan.
Hal ini adalah sesuai dengan amanah UU No.16 Tahun 2011 pada pasal 9(a) yang berbunyi Organisasi Pemberi Bantuan Hukum berhak melakukan rekruitmen terhadap advokat, paralegal, Mahasiswa dan dosen.
Seperti kita ketahui bahwa PDKPBABEL sejak tahun 2013 telah mendapatkan Akreditasi dari Kemenkumham RI untuk menjalankan tugas sebagai Organisasi Pemberi Bantuan Hukum

Kegiatan Pelatihan Paralegal Bantuan Hukum ini menurut John Ganesha Siahaan Kepala Program Rekuitmen Paralegal dari PDKPBABEL akan dilakukan secara bertahap, rencananya angkatan kedua akan diselenggarakan pada bulan Maret tahun 2018. Dalam pelatihan paralegal ini, pihak penyelenggara memberikan materi tentang KUHP dan KUHAP, KUH Perdata dan Acara Perdata, teknik pendampingan nonlitigasi dan litigasi ditingkat penyidikan dan  Manajemen Program dan Pembiayaan Bantuan Hukum dalam APBN dan APBN. Selain dilantik dan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) , setiap paralegal yang mengikuti pelatihan ini membawa pulang.plang posko bantuan hukum, berkas permohonan bantuan hukum, stempel dan baju seragam paralegal.
Sedangkan Ibrohim,SH ketua umum PDKPBABEL menyatakan bahwa sebagai organisasi bantuan hukum yang terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI maka kehadiran Paralegal yang telah terdaftar di PDKPBABEL seharusnya tidak dipersoalkan oleh penegak hukum apalagi ketika paralegal tersebut melakukan tugas pendampingannya. Ditambahkan oleh Ibrohim, bahwa salah satu tugas Paralegal nantinya akan membuka konsultasi hukum dan menerima kuasa dari pemohon untuk mendampingi mereka baik sebagai korban, tersangka, penggugat dan tergugat, meskipun kedepan paralegal akan lebih mengedepankan upaya perdamaian dalam bentuk mediasi dan negosiasi.
Dalam pelantikan Paralegal Bantuan Hukum Pedesaan dan Kelurahan ini hadir mewakili pimpinan dari Kanwil Kemenkumham RI Bangka Belitung, Biro Hukum Pemprop bangka Belitung, Bagian Hukum Pemkab belitung Timur, Tamu undangan dari PT TIMAH TBK, Pemasaran Pupuk PUSRI, Mahasiswa Pertiba, rekan Advokat dan pengurus PDKP Bangka Belitung.

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Jalan ke RSUP Soekarno Lewat Air Anyir

Hari itu sekitar tengah malam jam 00.00 WIB, kami mendampingi sahabat ganesha yang sedang kesulitan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *