Monday , February 19 2018
Home / Expresi Kame / RSUD Depati Hamzah Perlu Perbaiki Mutu Pelayanan
RSUD Depati Hamzah Perlu Perbaiki Mutu Pelayanan

RSUD Depati Hamzah Perlu Perbaiki Mutu Pelayanan

Bukan pertama kali RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang mendapatkan komplain dari pengguna layanan yang naas berujung pasien meninggal dunia. Kabar duka balita Sahrul Fajri misalnya diduga semakin menderita hingga akhir hayatnya karena sempat melakukan transfusi darah di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang yang berbeda dengan golongan darahnya. Meski pihak RSUD membantah bahwa mereka tidak pernah melakukan pengecekan golongan darah dan menyerahkan sepenuhnya kepada Palang Merah Indonesia, namun tidak memungkiri bahwa kesalahan transfusi golongan darah dapat berakibat kematian bagi pasien.

Atas peristiwa tersebut, Andira SH Ketua Hukum dan HAM dari Pusat Dukungan Kebijakan Publik mengingatkan Pemerintah Kota Pangkalpinang sebagai pemilik RSUD Depati Hamzah perlu perbaiki mutu pelayanan yang diselenggarakan baik dilingkup internal termasuk berhubungan dengan eksternal seperti Palang Merah Indonesia. Sebab ditambahkan oleh Andira,SH bahwa hukum di negara Indonesia mengakui adanya doktrin perbuatan melawan hukum sesuai pasal 1365 KUH perdata.

“Pimpinan bagus tapi manajemen rumah sakitnya amburadul lalu menimbulkan perbuatan melawan hukum yang berakibat kerugian bagi seseorang. Kalau dulu mungkin tidak ada yang gugat apalagi rakyat kecil, tapi sekarang dengan adanya UU Bantuan Hukum, maka warga tidak mampu bisa gugat manajemen RSUD melalui pengadilan.” Jelas Andira.

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Asyiknya Olahraga di Taman Portal

Asyiknya Olahraga di Taman Portal

Teman-teman, di Pangkalpinang ada taman olahraga baru yang berada di Taman Portal Bukit Baru Pangkalpinang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *