Tuesday , October 17 2017
Home / Jalan Jalan / Edutainment / Rusa Lucu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Rusa Lucu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Halo pembaca sekalian, liputan tim redaksi kami pada kali ini agak sedikit berbeda. Jangan heran ya. Pada kesempatan ini kami berkunjung ke suatu di mana Gubernur Kep. Bangka Belitung bertempat tinggal. Betul sekali, Mahligai Serumpun Sebalai. Beralamatkan di Jalan Pulau Mendanau Kelurahan Air Itam, tempat ini begitu luas. Dengan dikelilingi pemandangan yang begitu asri, rumah yang berkisar tiga hektar ini memiliki begitu banyak tempat yang tidak biasanya harus berada di suatu rumah. Ada lapangan tenis, tiang bendera yang cukup megah, dan yang membuat kami tertarik disitu adalah tempat penangkaran Rusa.

Rusa-rusa di tempat penangkaran ini dirawat oleh seorang laki-laki yang bernama pak Didi Hermawan atau yang akrab disapa pak Didi. Pak Didi yang berumur 48 tahun ini mengabdi bersama rusa-rusa di rumah dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung semenjak tahun 2011 dan tehitung selama lima tahun. Keseharian beliau tidak lain adalah merawat, memberi makan minum, dan juga memberikan perhatian kepada rusa-rusa tersebut. Sebanyak sebelas rusa dan tiga ekor kijang yang berada di dalam penangkaran.

Di penangkaran ini, rusa dan kijang kami jamin tidak akan kelaparan. Bagaimana tidak? Jelas saja, karena makanan mereka sudah terjadwal. Untuk memberi makan rusa biasanya dilakukan tiga kali sehari.

“Rusa disini tidak terlalu rewel untuk memilih makanannya. Cukup diberi makan singkong, kadang kami beri makan nasi. Kalau untuk kijang, kami beri makan daun ubi. inilah Rusa Lucu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung” Ujar pak Didi.

“rusa disini selama saya bekerja empat sampai lima tahun terakhir alhamdulillah belum pernah sakit. ” Tambah pak Didi. Pembaca sekalian, rusa-rusa disini berasal dari tiga tempat yang berbeda. Yang bercorak tutul putih berasal dari Bogor, Untuk yang berwarna coklat keabu-abuan itu asli dari hutan di Bangka Belitung, dan kijang juga berasal dari hutan di Pulau Belitung yang sebelumnya dirawat oleh PT. Timah Tbk.

Lantas, bolehkah masyarakat Bangka Belitung untuk masuk dan melihat secara langsung dan berfoto dengan rusa-rusa yang lucu ini? Jawabannya adalah “Bapak Gubernur sangat senang jika ada yang mau menengok rusa-rusa ini dikediamannya. Beliau membukakan pintu lebar bagi masyarakat Bangka Belitung atau siapapun yang ingin menengok bahkan berfoto sekalipun. Tetapi ingat ya, harus ada permisi dulu dari Petugas Satpol PP yang berjaga di pos depan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan melihat Rusa Lucu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung” Kata pak Didi.

Disana selain rusa dan kijang, masih banyak lagi hewan lainnya. Salah satunya yaitu burung kalkun. Hewan-hewan langka seperti ini memang harusnya ada perhatian langsung dari Pemerintah, khususnya adalah flora dan fauna khas Bangka Belitung. Demikianlah perjalanan singkat kami di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. . Sebagai masyarakat yang cerdas juga kita sepatutnya mengawasinya, jangan sampai ada  flora dan fauna langka yang di perjualbelikan. Kita patut bangga akan keragaman dan kekayaan alam di Bumi Pertiwi Kita ini. Rusa Lucu di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. (Kriss)

About Admin

Local Content of Bangka Belitung the Tin Island of World

Baca Juga

Tempat Olahraga Panah di Pangkalpinang

Tempat Olahraga Panah di Pangkalpinang

Tempat Olahraga Panah di Pangkalpinang Bangka Belitung ini bernama Papinka Archery Club. Mendengar namanya (Papinka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *